Menu

News

Museum @ Lippo Plaza Jogja Pamerkan Karya Sang Maestro Affandi @Lippo Plaza Jogja

JOGJA – Tidak banyak pusat perbelanjaan (mal) di Indonesia yang menyajikan museum di dalamnya. Dari yang sedikit itu, salah satunya adalah Lippo Plaza Jogja. Mal yang berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto No 32-34 itu menghadirkan karya-karya maestro lukis Indonesia Affandi, di Museum @ Lippo Plaza Jogja. Pemilik Group Lippo James Riady mengatakan, berdirinya Museum @ Lippo Plaza bertujuan untuk menampilkan perjalanan perupa Affandi dan istrinya Maryati, melalui lukisan keduanya. Hal itu diharapkan akan semakin memperkaya khasanah seni dan budaya bangsa dengan melihat kembali karya-karya mestro lukis Indonesia itu.

“Lukisan-lukisan Affandi dari tahun 1940-an hingga 1980-an, mengisahkan pengalaman sang pelukis di beberapa tempat di penjuru dunia, seperti India, Prancis, Amerika Serikat dan Meksiko,” kata James saat pembukaan museum kemarin (7/6). Dia berharap, pengunjung dapat memahami proses kreatif Affandi yang berkembang dalam berbagai tema-tema sepanjang hidupnya. “Tema luas yang ditampilkan dalam pameran ini antara lain potret diri, keluarga, kawan-kawan, topeng, binatang, alam dan budaya, serta sosok manusia dan kemanusiaan,” terangnya. Sedangkan anak perempuan Affandi degan Maryati yang juga seorang pelukis, Kartika Affandi, mengungkapkan kegembiraanya dengan dibukanya museum tersebut. Dengan dipamerkannya lukisan-lukisan kedua orang tuanya itu, masyarakat menjadi semakin mengenal Affandi.

“Saya senang sekali dengan adanya museum ini. Trenyuh melihat kembali lukisan-lukisan yang sudah lama berada di luar negeri sekarang ada di Indonesia,” ujarnya yang ikut secara simbolis memotong pita dalam acara pembukaan. Sementara itu Amir Sidharta sebagai direktur dan juga kurator Museum @ Lippo Plaza Jogja kepada wartawan mengatakan, rencana pendirian museum sudah muncul sejak 20 tahun lalu. Namun hal itu baru dapat diwujudkan di tahun 2015 ini. Museum di dalam mal Lippo Plaza Jogja terletak di lantai upper ground, terdiri atas dua ruangan dengan luas 650 meter persegi. Terbagi dalam ruang waiting room dan gallery. “Kami ingin membawa kesempatan dan pengalaman kesenian baru, yaitu museum di mal. Tidak hanya belanja, tapi ditawarkan sajian seni budaya dan sejarah di dalamnya,” ujarnya.

Menurut Amir, secara keseluruhan, total karya yang dipamerkan terdiri atas 50 karya lukisan, 27 di antaranya karya Affandi dan sisanya lukisan istrinya. Dia berharap masyarakat akan banyak yang melihat, sehingga membuat orang tertarik dengan Affandi, kesenian dan sejarahnya. “Kita berani tampilkan karya Affandi, karena dia termasuk ikon Jogja. Sehingga masyarakat Jogja juga semakin kaya dengan pengetahuan maestro lukis Indonesia dari Jogja,” tandas Amir.

 

Dikutip dari sumber: Radarjogja.co.id

MORE